Jumat, 11 Januari 2013

Bidang bimbingan karir



Pengertian  bimbingan karir
Bidang bimbingan karir adalah bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir. Bidang dalam berkarir khususnya dalam dunia marketing, dunia marketing yang sekarang berkembang bukan hanya menggunakan skill personil dalam berkomunikasi dengan calon customer secara face to face tetapi sudah sampai taraf dunia maya atau internet sebagai alat komunikasi baru untuk menggaet customer. Dalam bidang bimbingan karir, membantu siswa merencanakan dan mengembangakan masa depan karir. Bidang dapat dirinci menjadi pokok-pokok berikut:
1.      Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecendurungan karir yang hendak dikembangkan.
2.      Pemantapan orientasi dan informasi kerir pada umumnya, khususnya kariri yang dikembangkan.
3.      Orientasi dan infoemasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
4.      Orientasi dan informasi terhadap pendidikan yang lebih tinggi, khususnya sesuai dengan karir yang hendak dikembangkan.
Lalu bagaimana cara untuk melamar pekerjaan yang harus dipenuhi untuk menduduki posisi tersebut baik yang full time maupun part time, ada beberapa tips dasar yang bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan dalam bidang bimbingan karir.Resume dan sampul surat lamaran. Seorang personalia yang profesional lebih cepat dalam menilai surat lamaran yang masuk di mejanya, buatlah resume yang mampu membuat HRD ‘melirik’ Anda. misalnya Anda menuliskan nama blog atau website Anda di sampul surat dan terlihat sedikit mencolok sehingga menarik perhatian personalia. Berpengetahuan luas. Bidang sosial media memang membutuhkan orang-orang yang kreatif tidak cuma hanya bisa berkicau di twitter dan facebook dan mendapatkan banyak teman, tapi Anda harus mempunyai keahlian tambahan seperti video editing, photoshop dan software design lainnya, karena Anda bertugas mempromosikan jasa dan produk di mana Anda bekerja.
Sumber : Muqodas, I. (2011). Efektivitas Model Service Quality Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Bimbingan dan Konseling. Tesis pada Program Studi Bimbingan dan Konseling UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar